IBADAH HATI


        Merujuk kepada surat Al Isra ayat 23,ternyata Al Quran mamberi contoh bahwa bakti kepadaorangtua  termasuk ibadah jasad. Kenapa? Dalam ayat tersebut kita dilarang berkata "ah" dan dilarang pula berkata dengan nada yang tinggi,sebaliknya diperintah untuk berkata yang lembut lagi santun.

        Berbakti kepada orangtua memang perlu perbuatan yang nyata, misalnya bersegera jika diperintah sesuatu atau mungkin memberikan kebahagiaan dengan pemberian yang orangtua senangi.Namun ketika lanjutan ayat dari surat Al Isra ayat 25, rupanya disini ALLAH berbicara tentang hati.
"Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu."

        Disinilah kuncinya, bahwa belum sempurna bakti kita kepada orang tua jika baru sebatas mematuhi perintahnya saja.Karena pada tahap yang lebih halus, ternyata ada bakti dalam ranah hati. Berapa banyak diantara kita yang kelihatannya taat dan patuh kepada orangtua namun menyimpan prasangka kurang baikl terhadap orangtuanya.

         Bisa jadi dalam mencintai kedua orangtua kita tak sepenuh hati, hingga jika dibandingkan rasa cinta kepada barang berharga yang kita miliki, rasa-rasanya cinta pada orangtua masih lebih rendah..

        Mari muhasabah diri,tidak tertutup kemungkinan kita belum bakti menggunakan hati.

Posting Komentar

0 Komentar